Kamis, 19 Mei 2011

“KOMPLIKASI, KELAINAN, PENYAKIT DALAM MASA NIFAS” Komplikasi dan Penyakit dalam Masa nifas serta Penanganannya


“KOMPLIKASI, KELAINAN, PENYAKIT DALAM MASA NIFAS”
Komplikasi dan Penyakit dalam Masa nifas serta Penanganannya


A.    Infeksi Nifas
1.     Endometritis
Uterus, tubavalopi, ovarium, pembuluh-pembuluh darah dan limfe, jaringan ikat di sekitarnya dan peritoneum yang menutupi alat-alat tersebut iatas merupakan kesatuan fungsional. Radang dapat menyebar dengan cepat dari kavum uteri ke seluruh genetalia interna. Radang edometrium dinmakan endometritis, radang otot-otot uterus, dinamakan miometritis atau metritis dan radang peritoneum disekitar uterus dinamakan perimetritis.
a.     Endometritis akut
Pada endometritis akut endommetrium mengalami edema dan hiperemi, dan pada pemeriksaan mikroskopik terdapat hiperemi, edem, dan infiltrasi leukosit berinti polimorf yang banyak, serta perdarahan-perdarahan interstisial. Sebab yang paling penting ialah infeksim gonores dan infeksi pada abortus dan partus
Infeksi gonorea mulai sebagai servicitis akut dan radang menjalar keatas dan menyebabkan endometritis akut. Infeksi posttabortum dan postpartum sering terdapat karena luka-luka pada serviks uteri, lika pada dinding uterus bekas tempat plasenta, yang merupakan porte d’entrée bagi kuman-kuman patgen. Selain itu alat-alat yang digunakan pada abortus dan partus dan tidak steril dapat membawa kuman-kuman ke dalam uterus.
Pada abortus septic dan sepsis peurperalis infeksi cepat meluas ke miometrium dan melalui pembuluh-pembuluh darah dan limfe dapat menjalar ke para metrium, tuba dan ovarium, dan ke peritoneum disekitarnya. Gejala-gejala endometritis akut yaitu penderita panas tinggi, kelihatan sakit keras, keluar leukorea yang bernanah, dan uterus serta daerah di sekitarnya nyeri pada perabaan.
Sebab lain endometritis akut ialah tindakan yang dilakukan dalam uterus diluar partus atau abortus, kerokan endometrium, memasukan radium ke dalam uterus, memasukan IUD, dsb. Endometritis akut yang disebabkan oleh kuman-kuman yang tidak seberapa patogen umumnya dapat diatasi atas kekuatan jaringan sendiri dibantu dengan pelepasan lapisan fungsional dari endometrium pada waktu haid. Dalam endometritis akut yang paling penting ialah berusaha mencegah, agar infeksi tidak menjalar.

1 komentar:

  1. Herbal multi manfaat. Baik digunakan untuk pencegahan maupun pengobatan berbagai macam penyakit; stroke, jantung, ginjal, kolesterol amandel, kista, tumor/kangker, infeksi, diabetes, ketombe, kegemukan, sembelit, beruban, hiper/hipotensi, dsb, Alhamdulillah sudah banyak testimony melalui herba Janna, klik http:// serbasolusi.co.cc

    BalasHapus